>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

td4

TD 4 Salamaa 091

Sisa-sisa Keceriaan dari TD 4 Salamaa
Oleh: Endah - Den Haag

Alhamdulillah rencana yang semula diajukan secara spontan sebagai acara perpisahan atas kepulangan Mbak Yulia dan keluarga ke Indonesia, dapat diwujudkan dalam bentuk Temu Darat ke-4 (TD 4) Salamaa. Jauh-jauh hari para Ibu di Salamaa mengajukan usulan tempat serta merencanakan acara, mengingat kepulangan Mbak Yulia yang semakin dekat. Meskipun musim dingin masih belum lagi berakhir, namun semangat untuk bertemu muka, bekenalan, serta mengutakan kembali tali silaturahim tetap membara di hati Ibu-ibu Salamaa. Masukan untuk menyelenggarakan TD 4 di Almere pun mendapatkan tanggapan positif dari Mbak Jesty sebagai penduduk Almere. Mengapa Ibu-ibu sepakat memilih Almere sebagai tempat penyelenggaraan TD 4? Salah satu jawabnya disebabkan Almere sebagai kota terindah di Belanda, banyak dari kami yang mungkin belum pernah mendengar namanya maupun berkunjung ke sana. Dengan penuh keikhlasan dan ketulusan Mbal Jesty serta keluarga pun berkenan menerima rencana penyelenggaraan TD 4 di rumah beliau di Almere. Terima kasih banyak sekali lagi Mba Jesty sekeluarga.

Tempat sudah ditunjuk, panitia penyelenggara pun menyusul dibentuk. Aduh, sempet nggak pe de, sebab saya dan juga Salwa belum pernah ikut TD sebelumnya. Tapi karena Ibu-ibu di Salamaa juga semangat menyelenggarakan TD, kami pun harus ikut semangat dan berupaya maksimal, semua menjadi mungkin terlaksana dengan baik sepenuhnya berkat masukan, bantuan, dan keikhlasan dari anggota Salamaa. Pendaftaran dibuka, wah, ternyata betul juga, antusiasmenya tinggi, sampai-sampai sempat khawatir akan ketersediaan tempat dan juga makanan bagi seluruh peserta. Tentu saja rasa khawatir akan kendala tersebut muncul, sebab seluruh peserta yang terdaftar berikut keluarganya melebihi 100 orang, yakni 72 orang dewasa dan 41 anak-anak. Peserta dari seluruh Belanda: Almere, Den Haag, Rotterdam, Groningen, Delft, Utrecht, Breda, Amsterdam, semua kumpul, namun sayang rombongan Eindhoven dan Maastricht berhalangan hadir. Alhamdulillah Ibu-ibu di Salamaa saling membantu, memberi masukan, menyiapkan acara, menyiapkan makanan yang subhanallah rasanya dan jumlahnya sangat mencukupi untuk seluruh peserta termasuk untuk bekal pulang, sehingga kekhawatiran yang sempat muncul pun sirna. Terima kasih ya Ibu-ibu Salamaa.

Tentunya kurang lengkap kalau acara TD hanya bermanfaat untuk Ibu-ibu di Salamaa, TD 4 pun dirancang sedemikian rupa agara dapat membawa keceriaan dan silaturahim tersendiri untuk para Bapak dan anak. Kreatifitas serta keaktifan anak pun mendapat perhatian khusus di TD 4 kali ini. Anak-anak dengan dipandu oleh para Bapak yang rela berdingin-dingin di luar mengadakan acara lomba kreatifitas anak seperti membawa kelereng, mewarnai, menghitung hewan (yang semakin sulit dihitung karena hewannya berlari-larian), serta menggambar di taman bermain dan kebun binatang Kemphaan, Almere. Sambil mengasuh anak, para Bapak pun memiliki kesempatan untuk lebih mengenal satu sama lain. Sungguh indahnya ukhuwah yang Allah SWT berikan. Terima kasih ya Bapak-bapak sekalian, sungguh tanpa peran serta Bapak-bapak semua TD 4 tidak akan dapat berlangsung dengan baik.

Sementara anak-anak beraktifitas di luar, untuk Ibu-ibu Salamaa sudah ada acara khusus pula, yakni ceramah mengenai makanan halal di Belanda. Ceramah ini disampaikan oleh Ibu Yasmin dari Lembaga Sertifikasi Halal Belanda, serta Mbak Nancy dari Universitas Leiden. Ceramah pun dirancang sedemikian rupa agar dapat dilakukan secara on line sehingga para anggota yang tidak sempat hadir masih dapat ikut mendengarkan dan mendapat ilmu pengetahuan. Terima kasih untuk Pak Eka yang telah membantu memfasilitasi perangkatnya.

Selengkapnya, berikut beberapa tanggapan dari anggota Salamaa tentang TD 4.

Lina: ”Alhamdulilah kemaren acaranya seru juga walaupun saya baru pertama kali ikutan TD4. Semoga dengan berkumpulnya anggota salamaa akan terbina ikatan yang kuat di antara sesama muslimah di Belanda. Amien.”

Yulia Helmi: ”Saudari muslimah yang dirahmati Allah SWT, buat yang belum ikut TD udah-mudahan di lain kesempatan bisa mengikuti karena saya lihat dibanding dengan sebelumnya memang TD 4 lebih rame, dari semua hal baik itu acaranya, pesertanya dan makanannya. Mudah-mudahan acara TD kemarin tidak melalaikan kita, di samping berkesan mudah-mudahan ilmu dan pengetahuan tentang makanan halal yang kita dapatkan bisa diamalkan.”
Rini Duniarni: ”Turut mengucapkan terima kasih pada tuan rumah yang sudah senang hati bersedia menyediakan tempat dan semua service-nya, semoga amal dan ibadahnya diterima oleh Allah S.W.T. Saya juga mau mengucapkan terima kasih kepada semua yg hadir juga pengurus yang juga menolong berlangsungnya acara TD 4. Pokoknya alhamdulillah sekali bisa bertemu teman-teman seiman lainnya, banyak sekali manfaatnya.”

Nisa: ”Ini posting pertama ku lho, padahal aku sudah lama ikutan milis Salamaa, tapi setelah ikutan TD 4 aku tidak kuat ingin kasih komentar, saking seru dan berkesannya TD 4. Rombongan bapak-bapak dan anak-anak mereka pergi ke kebun binatangn, aduh jadi bikin iri sebab sudah lama tidak pernah liat monyet.”

Senaz: ”Menu makanannya... wow... wenak tenannnn... aduuuuh.. minta resep-resepnya donk, semuanya ya, tak terkecuali. Semua jenis makanan yang dihidangkan betul-betul nikmat, mulai dari .ayam balado, ayam kfc, cumi pedes, ikan panggang, gudeg, tempe bacem, dan telor pindangnya, tribol (teri main bola), sate padang, rendang, sop sosi, sayur lodeh, tumis kacang panjang, keripik kentang tipis, aduh apalagi yah? Wuah, pokoknya komplit deh. Cemilannya juga enak-enak, kapan nih TD 5?”

Mba Jesty: ”Alhamdulillah..., kami juga bersyukur dan senang sekali dengan adanya TD 4 kemarin. Suasana yang ramai, ceria, kekeluargaan dan hangat membuat hati kami tambah bahagia, rasa capek pun jadi banyak terobati oleh perasaan bahagia itu.”

Elly Bakker: ”Buat tuan rumah Pak Eka dan Mbak Jesty terima kasih atas kesediaan tempat serta kelapangan dada. Buat pengurus Salamaa yang baru selamat beramal ,untuk pengurus yang lama kami mengucapkan terimakasih atas kerja amalnya di Salamaa, juga teradakannya TD 1 sampai TD 4. Sehingga terlaksanakanlah pertemuan darat yang menumbuhkan keinginan akan perlunya pertemuan dalam kebaikan. Semoga silaturahim untuk menjalin persaudaraan itu yang akan dapat ridho dari Allah SWT.”

Semoga insyaAllah kita selalu diberikan keistiqomahan oleh Allah SWT dalam menjaga tali silaturahim dengan saudari seiman, mengais ilmu di setiap kesempatan, serta melakukan muhasabah atas seluruh perbuatan dan perkataan yang kita lakukan untuk mencari ridho Allah SWT semata.

Foto-foto TD 4 dapat diakses di:
sini dan di sini.


SalaMAA @ 11:50 PM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


quiche

diabet

syukur2

supkacang

novel4

borderij

niathijrah

salamaa21

calabacitas

syukur1


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA