>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

smol1

Image hosted by Photobucket.com
Kiat Sukses Bisnis Rumahan dengan Memanfaatkan Internet
Oleh: Inna Rahmatika - Saitama Jepang


Ibu Inna (32) Ibu dari 5 orang putri (dan sedang menunggu detik-detik persalinan ke 6) , telah beberapa tahun membuka toko internet dengan nama Toko Sejahtera di Saitama Jepang. Toko ini adalah usaha rumahan yang dikelola oleh Ibu Inna dibantu anggota keluarga. Toko yang menjual makanan halal mulai dari berbagai daging (ayam, sapi, kambing) halal dan berbagai sayuran beku ini hanya menempati satu kamar saja dari ruangan rumah yang dilengkapi dengan freezer dan perlengkapan standard toko lainnya. Usaha toko inernet tersebut dimulai ketika keluarga Ibu Inna merasa kesulitan mencari makanan/daging halal begitu juga dengan keluarga muslim lainnya disana, sehingga tercetus ide untuk membuka usaha ini.


Beberapa alasan mengapa kita melakukan sebuah usaha adalah karena: Pertama, kebutuhan ekonomi, dimana kita melakukannya krn memang kita ingin mendapatkan pemasukan lain yang dapat kita gunakan untuk keperluan-keperluan tertentu . Kedua adalah karena keinginan pribadi, dalam arti adanya kebutuhan pengaktualisasian diri, misalnya karena hoby atau karena motivasi-motivasi lain yg keluar dari diri sendiri. Ketiga adalah karena orang lain. Tidak jarang seseorang ketika memulai usahanya adalah karena adanya kebutuhan dari orang lain, atau lingkuangan terhadap kemampuan yang ia miliki dan kemampuan itu diperlukan oleh orang lain/masyarakat sekitar, misalnya penjual majalah, di LN, sangat sulit mendapatkan majalah islam, dan kita memiliki link dengan pungusaha di Indonesia yang berhubungan dengan majalah, teman-teman kita di LN meminta kita mengelola usaha penjualan majalah, karena membutuhkannya. Contoh lain misalnya catering, kepandaian memasak seseorang diketahui oleh teman-temannya, dan di minta oleh teman-teman agar ia membuka jasa catering, karena teman-temannya memerlukan jasanya. Dan satu lagi mungkin usaha potong rambut. Sulit mungkin untuk muslimah memotong rambut di salon-salon umum dan karena kita misalnya memiliki keteampilan itu, orang-orang di sekeliling kita meminta kita membuka usaha itu.


Manfaat menjalankan usaha
1
. Mendapat keuntungan
2. Bisnis meskipun kecil akan melatih kita untuk mau belajar, misalnya belajar bahasa setempat, seluk beluk usaha seperti administrasi dan manajemen, membagi waktu (antara keluarga dan usaha), memperbesar usaha,menghubungi dan kerjasama dengan produsen, melakukan observasi, dan kenal dengan banyak orang.

3. Menumbuhkan perekonomian Islam

Untuk kita yg tinggal di LN, di mana ada fasilitas internet yg baik maka internet ini menjadi sebuah media peluang usaha. Sebagai alternatif melakukan bisnis dengan tetap berada di rumah bersama anak-anak dan tidak perlu ditunggu terus menerus seperti halnya toko darat. Padahal toko internet malah bisa buka selama 24 Jam.

Kiat membuka usaha internet
1. Bisa membuat situs. Memang jarang ibu-ibuyang memiliki keahlian komputer terutama pembuatan website. Akan tetapi hal ini justru akan mendorong kita untuk belajar kepada orang yang ahli.

2. Cara menjual produk yang dijual di internet berbeda dengan toko darat. Misalnya kita akan menjual bakso, maka perlu diperjelas info bakso tersebut. Misalnya bahan bakso, ukuran, dijual lengkap dengan mie dan kuah setiap prosinya. Karena beda dengan toko darat yang pembeli bisa melihat langsung produk tersebut.

3. Memiliki produk unggulan. Jika si lingkungan kita juga ada usaha toko internet, maka kita harus memiliki produk unggulan. Misalnya kita membuka toko halal, produk unggulan kita adalah daging ayam, sapi dll beku yang halal. Produk unggulan merupakan alternatif pemecahan masalah persaiangan dengan usaha serupa lainnya. Pemberian service pengiriman juga merupakan suatu unggulan. Atau misalnya kita membuka toko buku, jika toko internet lain menjual buku/majalah untuk dewasa maka kita menjual buku untuk anak. Di Jepang sendiri tempe ternyata tidak hanya dicari oleh orang Indonesia tetapi malah lebih banyak dikonsumsi oleh orang Jepang.

4. Promosi. Promosi penting dilakukan misalnya di milis-milis, salig bertukar banner, memasang iklan di situs-situs organisasi mis. PPI, google dan sejenisnya, perhimpunan toko internet. Kita tidak perlu ragu mengeluarkan biaya iklan jika memang diperkirakan akan banyak barang yang dapat terjual. Karena seperti halnya toko darat, supaya dagangan laku maka perlu tempat strategis untuk berjualan, toko internet juga perlu tepat-tempat strategis untuk mempromosikan barangnya.

5. Jangan memasang gambar/foto yang berat sehingga situs kita susah di download. Akan tetapi biasanya pembeli sangat menyukai jika produk yang kita jual ada fotonya.

Ijin Usaha dan Pajak

Dengan membuka usaha kita jadi mengetahui hukum dan peraturan perekonomian di suatu negara. Di Jepang sendiri tidak ada pajak untuk toko internet karena keuntungan kecil. Sedangkan untuk ijin usaha itu tergantung dari jenis usaha yang dilakukan. Kalau Toko Sejahtera sendiri merupakan usaha rumahan. Tentang jenis usaha bisa didapat infonya dari kantor pemerintah kota.

Kerjasama Perusahaan Pengiriman

Usaha toko internet sangat erat kaitannya dengan perusahaan pengiriman. Untuk itu perjanjian-perjanjian dan kerjasama perlu dibuat. di Jepang sendiri karena perusahaan pengiriman barang sangat banyak mengakibatkan persaingan diantara mereka, hal ini menguntungkan, karena perusahaan-perusahaan itu akan bersaing memberikan pelayanan dan kemudahan kepada kita. Misalnya untuk mengirim barang-barang beku maka perusahaan pengiriman itu memiliki freezer khusus sehingga barang yang kita pesan atau kirim berada dalam kondisi tetap, seperti Toko Sejahtera yang menjual daging halal (ayam, sapi dan kambing) juga sayuran beku maka perusahaan pengiriman akan mengantarkan barang itu ke depan rumah pembeli masih dalam keadaan beku dan petugas akan memberitahu si pembeli bahwa barang yang dikirim adalah bahan beku. Begitu juga dengan kemudahan, kita dapat mengurangi biaya pengiriman dengan kerjasama dengan perusahaan itu sehingga kita bisa mendapatkan harga khusus, atau kerjasama dalam bentuk pembayaran, pelanggan membayar barang yang dipesan kepada perusahaan pengiriman, kita tinggal menunggu transfer uang dari perusahaan itu.

Keuntungan dan Kerugian

Keuntungan dan kerugian dalam melakukan usaha biasanya naik turun. Keuntungan dan kerugian sebetulnya bisa kita sendiri yang harus bisa menghitungnya. Misalnya ada barang yang dijual di toko kita yang sangat cepat lakunya karena memang banyak dicari orang, maka kita bisa menjualnya dengan harga murah (keuntungan sedikit). Sebaliknya ada barang yang jarang dibeli orang, maka kita bisa menjualnya dengan harga agak mahal (keuntungan besar).

Kendala

Kendala utama usaha toko internet adalah pembayaran. Penipuan sering terjadi dalam usaha seperti ini, pembeli sudah membayar barang tidak dikirim karena ternyata toko internetnya fiktif. Sebaliknya bisa saja barang sudah dikirim tetapi pembeli tidak membayar. Untuk menhindari hal tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Kerjasama dengan perusahaan pengiriman seperti yang dijelaskan diatas, perusahaan pengiriman yang akan menagih pembayaran kepada pembeli dan mentrnsfer ke rekening kita.

2. sistem kepercayaan. Untuk pelanggan yang sudah cukup dikenal bisa saja pembayaran dilakukan dimuka atau kemudian. Ibu Inna sendiri menerapkan ini kepada pembeli Indonesia yang sudah kenal. Tidak takut ditipu? Prinsipnya, jika orang membeli barang halal maka tidak mungkin dia akan memakan barang haram karena tidak membayar barang itu.

3. Membayar dimuka atau di tempat, untuk pembeli yang belum dikenal. Membayar di tempat dilakukan oleh perusahaan pengiriman.

Kendala lainnya adalah jika pada saat pembeli memesan barang yang pada hari itu ternyata stok barang habis (banyak yangmembeli), sedangkan untuk mengadakan barang pada hari itu tidak mungkin juga untuk mengganti status barang di situs kita tidak memungkinkan karena kita sibuk. Maka yang dilakukan adalah memberikan konfirmasi kepada pembeli lewat email, menjelaskan kondisi kita.

Dirangkum dari SMOL Salamaa, Kamis 1 September 2005.



SalaMAA @ 10:24 AM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


ayamtomat

ramadhan

Asi

salamaa11

plastik

dapur

niat

kmandi

cake

mfc


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA