>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

konsul



Konsultasi Kesehatan
Oleh: dr.Agnes Tri Harjaningrum - Groningen

Assalamu'alikum wr wb,
Dear dr.Agnez,
Sekiranya saya boleh konsul tentang kesehatan, pertanyaan saya adalah tentang flu burung yang punya tanda-tanda pada manusia sbb , Tanda-tanda awal flu burung: Gangguan pernapasan akut, Demam lebih dari 38 C, Batuk, Sakit tenggorokan, Pilek, Jika dibiarkan menjadi pneumonia atau gagal napas, penyebab kematian. Nah bagaimana cara pengobatan bagi yang pernah punya atau sekedar gejala kecil karena akhir-akhir ini banyak yang keserang batuk, plus tenggorokan sakit.

Pertanyaan selanjutnya adalah tentang kelenjar empedu. Mungkin mbak Agnez bisa kasih saya informasi apa fungsi kelenjar empedu, apakah itu akan membahayakan kalau kelenjar empedu kita agak error,bagaimana penanganannya.terimakasih,

Wassalam
Elly Bakker


Wa'alaikumsalam...
Saya bantu dikit ya mbak Elly :-), lgs ajah, tentang flu burung :Sebetulnya, flu burung itu mewabahnya di Indo kalo nggak salah setaun yll ya, apa sekarang jg mewabahkah? Nah kalo di Belanda, katanya thn 2003 mewabahnya,rasanya sih sekarang udah nggak terlalu heboh kayak dulu lg ya ttg flu burung ini.Flu burung sendiri adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza dimana penularannya terjadi lewat unggas. Virus influenza sendiri macem2,ada tipe A, B, C, dan strain tiap tipenya jg macem2.

Nah tipe yg flu burung ini biasanya virus influenzatipe A. Jadi gejalanya jg mirip2 influenza biasa.Cuma, kayaknya nggak perlu tll khawatir, krn penularan virus ini biasanya lewat unggas, nggak bisa darimanusia ke manusia. Itupun katanya tidak ada bukti bhw kalo kita makan daging yg kena flu burung terus bisake infeksi virus ini. Yang paling rentan kena infvirus ini adalah pekerja2 yg berhub lgs dengan unggas. Karena virus ini menular lewat kotoran unggasnya, jadi misal yg suka bersihin kotoran ayam, trus cucitangannya nggak bersih, masuk ke mulut si org tadi.Atau bisa juga lewat saluran pernafasan (misal diaberada di peternakan yg lagi mewabah flu burung trusvirusnya masuk saat dia menghirup udara).Pengobatannya sendiri kalo udah kena, sebetulnya belum ada obatnya, cuma biasanya suka dikasih obat antivirus. Jadi kalo ada yg lg sakit2 mirip2 influenza,kayaknya nggak perlu khawatir as long as nggak ada wabah flu burung, dan nggak berurusan sama para ayam ato bebek hehe. Biasanya tinggal beli yg udah dipotong di winkel kan :-).

Tentang kandung empedu :empedu memiliki 2 fungsi penting:- membantu pencernaan dan penyerapan lemak- berperan dalam pembuangan limbah tertentu daritubuh, terutama hemoglobin yang berasal daripenghancuran sel darah merah dan kelebihan kolesterol.Penyakit yang bisa ditimbulkan kalo ada gangguan dikandung empedu ini bisa radang kandung empedu, batuempedu maupun kanker empedu. Bisa jg terjadi kuning,kalo ada sumbatan di saluran empedu.Tapi yang paling sering terjadinya biasanya batu empedu. Nah batu empedu ini pun lebih sering mengenai wanita dibandingkan pria (tp di Luar negeri) Jadi buatwanita diatas 40 thn, gemuk, kemungkinan kenanya lebih besar, krn biasanya batunya terjadi krn kelebihan kolesterol.Biasanya istilahnya 3 F, fair, forty and female.Sedangkan di Indo malah seringnya terjadi pada laki2 yg kurus, dan batunya jg beda, biasanya bukan batu kolesterol. Jadi ini mah ancer2 aja, nggak ada jaminan jg hehe.

Gejalanya biasanya nggak begitu jelas, paling2 nyeridi perut bagian atas sehabis makan, jd gejalanya mirip2 mag atau sakit kuning. Biasanya gejalanya hilang timbul, nyerinya kadang menjalar ke bahu kanan,atau nyeri terjadi sesudah makan makanan yg berlemak.Pemeriksaan yg paling pasti untuk mengetahuinya yadengan usg, atau CT scan, MRI ato endoskopi. Pokoknya kalo udah ada keluhan2 di perut, sering nyeri hilang timbul dan kira2 bukan mag, mendingan periksa kehuisart aja kali ya, biar dirujuk :-)Kalo batu kandung empedunya krn batu kolesterol,biasanya salah satu treatment nya dgn mengurangi asupan lemak, dan mengurangi berat badan (kalo gemuk).Batu kandung empedu jenis ini biasanya terjadi krn peningkatan produksi kolesterol. Kalau nggak ada gejala biasanya cukup disarankan untuk makan banyaksayur hijau, tempe tahu, buah2an misalnya apel, serat dr apel ini nantinya akan larut dan ikut dgn kolesterol yg ada di dalam empedu, lalu dikeluarkan lewat tinja. Dan jg seperti biasa deh olahraga teratur:-).

Nah kalo gejalanya jelas, dan menggangu, biasanya hrs dioperasi, bisa pake laser ato jg pembedahan.Segitu dulu mbak Elly sharing drku, semoga sedikit membantu ya, kalo masih ada yg bingung2, mo tanya2 lgjg boleh...

Wassalam,
Agnes


SalaMAA @ 10:41 PM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


piring

diskriminasi

tds2

lemper

siomay

salamaa9

salamaaIX

prmpn

durum

esjus


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA