>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

Iman

Image hosted by Photobucket.com

The Power of Iman

Oleh: Ustd. Hilman Rosyad Sihab, Lc*

Orang yang beriman diharapkan "bergerak" untuk berbuat baik dan menghindar dari perbuatan dosa. Dalam hadits Arbain no. 18 disebutkan:
Abu Dzar Jundud bin Junadah dan Abu Abdurrahman Muadz bin Jabar RA menerangkan, Rasulullah SAW bersabda, Bertakwalah kepada Allah dimanapun kamu berada, dan ikutilah kejelekan dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu akan menghapusnya. Dan pergaulilah manusia dengan akhlak terpuji (HR Tirmidzi dan ia berkata, Ini adalah hadits hasan dan disebagian kitab disebutkan sebagai hadits hasan sahih)

Maka dapat disimpulkan bahwa:
1. dalam kondisi apapun hendaknya seorang muslim itu bertakwa
2. setiap keburukan diikuti dengan kebaikan, karena kebaikan menghapus keburukan
3. pergauli manusia dengan akhlak yang baik

Takwa
Secara umum yang kita fahami, takwa adalah melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah. Pemahaman melaksanakan perintah Allah ini berkonotasi sekedarnya (berdasarkan kehendak kita -- manusia) . Padahal dalam bahasa Arab yang dimaksud adalah berbuat sesuai kehendak Allah.

Contohnya: sholat tidak boleh lalai, lalai disini maksudnya bukan lagi sekedar sholat yang bolong-bolong, karena sholat sudah merupakan sesuatu yang wajib sehingga tidak bolong-bolong. Yang dikehendaki Allah adalah sholat yang: khusu', tidak boleh riyaa,tata cara sholat harus sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah (tepat waktu, berjamaah, dan dari sholat itu memberi efek dalam kehidupan sehari-hari).

Contoh lainnya misalnya menikah. Yang dikehendaki Allah, menikah itu merupakan panggilan fitrah, menyelamatkan masyarakat dari kehancuran, menambah kekuatan ruh, memperluas kekerabatan dan ukhuwah, dan proses terjadinya regenerasi, maka diatur pula tata cara menikah sejak khitbah sampai prosesi pernikahan itu sendiri.

Sedangkan menjauhi larangan Allah, berarti kita harus betul-betul meninggalkan (larangan Allah) bukan kemudian mencari alternatif. Misalnya dilarang minum khamr (minuman yang memabukan) kemudian mencari alternatif merokok , yang sudah pasti tidak toyyib (baik) meskipun halal, karena rokok merusak kesehatan diri sendiri juga orang lain.

Takwa itu sendiri dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang tidak mengenal ruang dan waktu. Sehingga apapun kegiatan yang kita lakukan (selama perbuatan itu baik) maka bernilai takwa, bukan hanya ketika kita berada dalam masjid saja. Misalnya: mandi, membersihkan badan - bernilai takwa.

Keburukan yang diikuti kebaikan
Kita tidak perlu takut jika suatu saat kita berbuat dosa karena disadari atau tidak kita sebagai manusia cenderung berbuat dosa dan peluangnya selalu ada. Akan tetapi hendaknya kita takut tidak dapat berbuat baik karena peluang berbuat baik sangat sedikit (dan ini tergantung pada kemauan individu), sehingga yang perlu ditanamkan di diri kita adalah bagaimana kita selalu termotivasi untuk berbuat baik. Berbuat baik mudah, Allah menjadikan agama ini supaya menjadi mudah. Hal ini bisa dianalogikan dalam bentuk kompensasi mis. Jika kita tidak bisa membaca Al quran (sedang haid dsb) maka kita dapat melakukan kebaikan lain yaitu membaca hadits, siroh dll.

Bergaulah dengan manusia dengan pergaulan yang baik
Akhlak merupakan respon spontan terhadap suatu hal atau kejadian. Jika respon spontan itu positif maka bisa dikatakan akhlaknya baik. Sebaliknya jika respon spontan itu negatif maka akhlaknya bisa dikategorikan buruk. Akhlak Rasulullah sendiri berada diatas akhlak baik semua manusia. Dikisahkan pada suatu hari Rasulullah sakit dan harus berbaring ditempat tidurnya. Saat Aisyah memberi tahu beliau bahwa Fatimah, putri Rasulullah, akan datang beliau tidak menolak kedatangannya, bahkan beliau berusaha bangkit dari tempat tidurnya. Hal ini menunjukkan bagaimana akhlak Rasulullah, pun terhadap anak beliau sendiri, menghormati kedatangan anaknya dengan menerima kedatangannya dan berupaya bangkit dari tempat tidurnya, meski beliau sedang sakit.

Demikian kupasan tentang Kekuatan Iman yang diambil dari hadits Arbain no.18.

Catatan:
*Tulisan ini merupakan hasil rangkuman dari ceramah Ustdz Hilman.


SalaMAA @ 4:50 PM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


tajwid

es

perawat

frame

salamaa 7

Salamaa VII

batu

tong2

news

ngompol


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA