>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

kids

13 Jurus Mendisiplinkan Anak
oleh: Dessy - Den Haag
kids
Kata “Nggak mau!” , pura-pura tidak mendengar, atau bahkan malah melawan sering terjadi setiap kali kita sebagai orang tua meminta anak untuk mendengar dan menuruti apa yang kita katakan. Kalau anak menolak dengan berbagai cara seperti diatas, tentu kita jadi mulai tidak sabar, kesal bahkan kemudian marah. Bagaimana tidak, jika hal-hal yang dilakukan anak dapat membahayakan keselamatannya, tentu kita akan terus menerus mendengungkan kata “Jangan lari ke jalan”, "jangan main korek api", “ Ayo sikat gigi dulu” dan lain sebagainya. Yang kita inginkan tentu anak segera menurut /mematuhi apa yang kita katakan.


Lalu bagaimana cara supaya anak mau menurut tanpa melawan, tanpa harus berderai air mata, tanpa harus berteriak marah atau bahkan tanpa harus menjewer atau memukul anak? Jan Faull memberi 13 teknik agar anak dengan senang hati menurut kepada orang tua. Dengan teknik ini orang tua dapat memanage perilaku anak baik di rumah maupun di luar rumah. Mendisiplinkan anak dengan cara yang baik akan menumbuhkan rasa hormat, rasa sanggup dalam diri anak karena mereka belajar mengasah bagaimana memanage diri mereka sendiri. Mereka bangga pada diri mereka jika mereka dengan senang hati menyetujui apa yang kita inginkan dibanding jika mereka diteriaki atau dipaksa untuk mau taat pada orangtua.

DI DALAM RUMAH

1. Mulailah sedini mungkin
Anak dibawah umur lima tahun biasanya lebih cepat belajar tentang rutinitas dan disiplin termasuk menerima kebiasaan-kebiasaan. Untuk itu semakin dini kita mngajari mereka tentang disiplin maka semakin mudah bagi mereka untuk mau menerima dan melakukannya.

2. Melihat pada kebaikan
Lihatlah selalu sisi baik dan benar dari apa yang anak lakukan, pun jika itu belum sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kemudian minta atau arahkan mereka untuk melakukan apa yang kita inginkan. “ Wah, pintar ya anak ibu baca buku sendiri. Nah sekarang, mau kan bantu ibu menyusun buku-buku ini ke rak buku?”

3. Mengarahkan anak
Jauhkan anak dari kebiasaan buruk dengan kebiasaan yang baik. Jika anak misalnya ingin menyentuh sesuatu yang panas, maka tunjukkan mereka benda-benda apa saja yang dapat mereka sentuh. Atau jika anak suka loncat-loncat di sofa, maka kita tunjukkan dimana sebaiknya mereka boleh berloncat-loncat.

4. Jauhkan anak dari objek-objek yang dilarang
Jika anak-anak mulai menggambar di dinding, maka ambil crayon/alat gambar mereka. kemudian, tunjukkan bagaimana dan dimana mereka dapat menggunakan crayonatau alat tulis mereka dengan benar.

5. Buatlah agar anak mengontrol dirinya
Jika kita ingin anak turun dari meja makan yang dinaikinya, maka kita bisa katakan, “ Bapak tidak mengijinkan kamu duduk diatas meja. Sekarang kamu mau turun sendiri atau mau Bapak bantu turunkan?” Dengan demikian orang tua menyediakan pilihan-pilihan bagi anak meskipun pada intinya tetap supaya mereka turun dari atas meja.

DI LUAR RUMAH

6. Persiapkan Anak pada Situasi di Luar Rumah
Sebelum membawa anak ke lingkungan yang baru (di luar rumah) seperti bepergian dengan kendaraan berkunjung ke rumah sanak keluarga, kita perlu memberi beberapa gambaran tentang kunjungan itu kepada anak dan sebutkan apa yang kita harapkan dari anak selama di sana. “ Nak, selama perjalanan nanti kamu bisa duduk sama Bapak dan lihat sapi dan kambing di luar jendela. Kalau sudah sampai nanti, beri salam sama Pak De, tidak lari-larian dan kamu boleh menyanyi untuk Pak De”

7. Bantu anak untuk melihat situasi ke depan
Anak-anak biasanya tidak melihat apa situasi berikutnya, mereka asyik berada pada situasi yang saat itu ada. Untuk itu kita perlu memberi mereka peringatan tiap lima menit tentang apa situasi berikutnya. “ Nak, kamu sudah cukup main sama temanmu hari ini. Lima menit lagi kita ke mobil, Bapak isi bensin sebentar di pom bensin, setelah itu kita ke toko untuk berbelanja.” Jika setelah lima menit, anak berkeras tetap mau bermain dengan temannya, kita bisa jemput dan dudukan di mobil seperti yang telah kita sepakati dengan mereka.

8. Jauhi Anak dari berbagai titik gangguan
Jika kita sedang berada di toko dan anak mulai membuat masalah, kita bisa membawa anak pulang dan saat akan ke toko lagi titipkan pada tetangga atau saudara. Selama sebulan tidak ke toko akan bisa memutus lingkaran negatif (ulah anak) dan memberi kesempatan bagi kita dan anak untuk memulainya lagi dengan situasi baru.

9. Alihkan Perhatian Anak
Ketika anak marah dan sudah tidak bisa dikontrol lagi, misalnya kita sedang berada di restoran dsb, alihkan perhatian anak dengan membawa mereka keluar dari tempat tersebut. Tetap tinggalah besama anak sampai mereka tenang, kemudian lanjutkan kegiatan yang kita lakukan tadi bersama anak (makan di restoran).

***

Selanjutnya bagaimana menyikapi anak-anak dengan kegiatan-kegiatan rutin seperti saat-saat memakai baju, menggosok gigi, pergi kesekolah, membersihkan mainan, atau pergi tidur?

10. Arahkan mereka langkah-langkahnya
Perhatikan berapa banyak langkah-langkah yang akan dilakukan anak. Misalnya untuk pergi ke luar rumah paling tidak harus melalui langkah-langkah: memakai sepatu, ke kamar mandi, bawa tas mereka, dan memakai mantel/jaket. Nah, kita bisa mulai membimbing anak melakukan langkah-langkah tersebut sebagai rutinitas harian. Kemudian nantinya kita tinggal mengawasi anak melakukan langkah-langkah tersebut sendiri.

11. Terlalu sering mengingatkan
Anak-anak biasanya berpikir bahwa tugas orangtua adalah mengingatkan mereka tentang apa yang harus mereka lakukan dari satu segmen ke segmen berikutnya. Untuk menghidari terlalu berlebihan dalam mengingatkan anak, ada baiknya meringkas sesederhana mungkin kalimat pengingat untuk mereka. Misalnya anak suka lupa BAB di WC , maka sebut saja “ waktunya ke WC..” satu-dua kata saja sudah cukup untuk mengingatkan mereka.

12. Menjelaskan dan Mendemonstrasikan
Jelaskan kepada anak mengapa dan apa yang kita lakukan dan kita ingin mereka lakukan juga. Misalnya menggosok gigi, tunjukkan bagaimana cara kita menggosok gigi dan megapa kita dan mereka harus menggosok gigi.

13. Berikan perintah yang jelas
Jangan memberi perintah yang tidak jelas, seperti “ bersihkan kamarmu” kita harus lebih spesifik mengatakannya dengan,” Nak, taruh balok mainanmu di kontainernya, juga bonekamu di tempat tidurnya” lebih jelas kita menyebutkan perintah, maka akan lebiih mudah bagi anak-anak untuk mengerjakannya.

Ke tiga belas jurus tersebut tentu tidak serta merta akan berhasil diterapkan pada setiap anak. Akan tetapi kita telah berupaya melakukan hal yang terbaik sehingga posisi kita tidak mutlak superior meskipun terhadap anak kita sendiri. Hal yang utama dan terutama adalah juga senantiasa berdoa kepada Allah SWT supaya kita diberi kesabaran dalam mendidik dan merawat anak-anak kita, sehingga mereka dapat berperilaku seperti yang diharapkan.


SalaMAA @ 1:45 PM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


Cat Rambut

Rumah Bersih

Wanita & Politik

makalah POL

jilbab

tips

Mie kuning

Demam

Disangka Pengemis

sate padang


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA